Jumat, 25 November 2011

Ranguman Hasil Presentasi Tentang TUMBUHAN DALAM LINGKUNGAN sesi Kedua

Download disini



Rangkuman Hasil Presentasi Dari Kelompok 2
Menjelaskan Tentang Tumbuhan Dalam Lingkungan
Presenter yaitu : Hasan Ibrahim dan Danang P.T.U

Lingkungan itu sendiri di jelaskan bahwa tempat dimana makhluk hidup tumbuh dalam suatu tempat dan menyesuaikan terhadap lingkungannya. Dalam Lingkungan ini terbagi menjadi dua yaitu :
1.      Lingungan Makro yang dimana pengertiannya yaitu dalam peranannya berpengaruh secara regional. Pada lingkungan makro ini tidak dibatasi sifatnya tidak seperti dalam lingkungan mikro.
2.      Lingungan Mikro dapat diartikan Lingkungan yang paling dekat dengan tumbuhan yang memilik factor hormone yang memicu tumbuh keatas sebab di pengaruhi hormone giberelin.
Faktor-faktor pembatas
Dalam factor – factor pembatas ini terbagi menjadi 6, yang antara lain yaitu :
1.       Temperatur, Penyinaran
2.       Air
3.       Kelembaban
4.       Garam-garam
5.       Tanah dan api
6.       Arus dan tekanan.

Dalam lingkungan dapat dibedakan menjadi dua:
  1.  Lingkungan Biotik   : Lingkungan yang komponennya terdiri dari makhluk hidup
2.        Lingkungan abiotik   : Lingkungan yang komponennya terdiri dari benda mati misalnya, air, angin, dan api.
Tumbuhan memiliki strategi untuk menghadapi stress. Yakni stress biotik dan stress abiotik :
1.      Strategi stress biotic contohnya adanya tumbuhan yang dimakan oleh adanya hewan herbivore
2.      Strategi stess Abiotik contohnya suatu tumbuhan dikatakan sebagai produsen apabila mampu berfotosintesis.

Selain itu tumbuhan mampu melakukan adaptasi terhadap keadaan lingkungannya atau mampu menyesuaikan diri. Adaptasi dibagi menjadi 3, Yaitu:
  • Adaptasi Morfologi: adaptasi yang dilakukan oleh tumbuhan dengan menyesuaikan bentuk atau struktur tubuhnya terhadap lingkungan. Misalnya teratai yang memiliki akar khusus untuk mengapung di air.
  • Adaptasi Fisiologi: adaptasi yang dilakukan oleh tumbuhan dengan menyesuaikan fungsi dari susunan atau struktur tubunya. Misalnya kantung semar yang memiliki fungsi kantung sebagai alat pencernaan atau penangkap makanan (serangga) yang masuk dalam kantungnya.
  • Adaptasi tingkah laku: adaptasi yang dilakukan oleh tumbuhan dengan menyesuaikan rangsangan langsung yang mengenainya, kemudian tumbuhan itu melakukan suatu tingkah laku yang khusus. Misalnya tanaman putri malu yang mengatupkan daunnya saat disentuh.
Selain itu ada juga Ababtasi merupakan kemampuan berkembang suatu populasi sehingga saat ini merupakan hasil proses adaptasi yang panjang yang hamper sama pengertiannya dengan adabtasi.

Kesimpulan : Dari hasil presentasi pada kelompok ini di dapatkan kesimpulan bahwa dalam lingkungan ini ada beberapa macam – macam lingkungan, antara biotic dan abiotic dan adaptasi juga mempunyai beberapa macam yang mempunyai spesifikasi tersendiri dalam adaptasinya, contohnya adaptasi mofologi, adabtasi fisiologi dan adaptasi tingkah laku.

0 komentar:

Posting Komentar

TV Streaming

tutorial blogger Indonesia

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | WordPress Themes Review