Selasa, 03 Januari 2012

POPULASI

Refleksi Hasil Pembelajaran yang di sampaikan oleh kelompok 6
Pemateri yaitu : Yessi, Risma, Nur Hasanah

Pendahuluan :

Populasi merupakan kumpulan individu sejenis yang hidup pada suatu daerah dan waktu tertentu. Misalnya populasi pohon pinus, populasi komodo, dll. Pada seluruh permukaan bumi itu sangat banyak tumbuhan dan tanaman sehingga dalam kelompok populasi ini lebih mudah mempelajari suatu tumbuhan atau tanaman, bagaimana adaptasinya, cara pertumbuhannya, pola persebarannya dan lain –lain.

Dalam penyampaiannya, kelompok ini telah menyampeikan ( presentasi ) dengan baik. Pemateri sudah dapat memahami konsep yang akan disampaikannya pada audiens. Sehingga dalam pembelajaran tersebut tidak terkesan mati dalam diskusi. Awal mula pembelajaran ini dimulai dengan pembukaan dari moderator yang kemudian dikembalikan kepada sang pemateri, yang mana pemateri awal yaitu saudari nur hasanah yang bertepatan menjelaskan tentang kerapatan, mortalitas, natalis , distribusi dan bentuk tumbuhan populasi. Dalam penjelasannya, telah dibahas tentang bentuk pohon untuk menyesuaikan atau adaptasi terhadap pertumbuhannya..Setelah menjelaskan tentang itu semua kemudian digantikan oleh pemateri kedua yaitu saudari risma yang dari sinilah banak muncul pertanyaan dari teman - teman, kenapa?? karena dalam pembahasannya pemateri kurang dapat menjelaskan dengan mendetail yang membuat audiens bingun. sesi ketiga yaitu disampaikan oleh saudari yessi yang menitik beratkan pejelasannya tentang Penyebaran Jenis endemik dan kosmopolit
yang menjelaskan
Faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran populasi ialah factor biotic dan factor abiotik. Faktor Abiotik terdiri dari iklim, relief, dan kondisi tanah. Sedangkan factor biotic terdiri dari tumbuhan, manusia dan hewan. Dari masing masing factor yang paling dominan pengaruhnya adalah iklim dan manusia. Apabila iklim pada suatu tempat tidak mendukung maka populasi akan tidak berkembang dan bisa saja tetap atau malah berkurang, sedangkan manusia pengaruhnya sangat besar terhadap populasi. Manusia dapat berperan dalam menambah atau malah mengurangi populasi suatu tumbuhan atau tanaman. Kondisi iklim berpengaruh langsung terhadap keadaan suhu dan angin, serta penyinaran matahari. Sehingga, iklim sangat mempengaruhi keadaan populasi itu. Bila iklim nya konsisten atau berkala perubahannya hal itu tidak akan bermasalah, namun apabila iklim berubah secara cepat bahkan tidak terduga, akan sangat merugikan tanaman. Bisa mengurangi jumlah populasi karena mati jika tidak bisa mempertahankan diri. Endemik adalah suatu organisme yang hanya dapat ditemukan di sutu tempat saja tidak ditemukan di tempat lain. Misalnya tanaman pisang, bunga Raflesia Arnoldi, Komodo, dan lain-lain. Sedangkan fertilisasi adalah tingkat kinerja perkembangbiakan dalam menghasilkan individu baru. Endemik biasanya berhubungan dengan suatu populasi khas dari suatu organisme tertentu dari daerah tertentu. Perlu diadakan suatu model konservasi atau pelestarian untuk menjaga produk endemik itu.
semoga bermanfaat bagi pembaca ^^

0 komentar:

Poskan Komentar

TV Streaming

tutorial blogger Indonesia

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | WordPress Themes Review